Perpustakaan MAN 3 Jombang Terus Bergerak

Perpustakaan Menara Ilmu MAN 3 Jombang terus bergerak untuk literasi hijau. Dalam rangka mengurangi penggunaan kantong plastik, Perpustakaan Menara Ilmu MAN 3 Jombang, beberapa waktu lalu, mengadakan pelatihan melukis totebag (tas) dan pouch (dompet). Kedua barang tersebut bisa digunakan untuk pengganti plastik sebagai media penyimpan barang. Keduanya diberi hiasan berupa lukisan supaya tampil menarik.

Pelatihan didampingi oleh pemateri, Helina Fenty Ayu Ari Wiliasari, salah satu guru Seni Budaya di MAN 3 Jombang. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk melukis totebag dan pouch. Pertama, menggambar sketsa di media totebag dan pouch dengan menggunakan pensil 2B. Kedua, memberi warna sketsa tersebut dengan menggunakan spidol tekstil. Ketiga, menyetrika totebag dan pouch yang sudah dilukis. Keempat, mencelupkan kedua benda tersebut di air hangat.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir dari serangkaian kegiatan di perpustakaan pada semester ini. Sebelumnya, ada lomba guru menulis, pemilihan duta baca, dan yang terakhir melukis totebag dan pouch. Ragam kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari fungsi perpustakaan sebagai pusat ragam kegiatan menambah pengetahuan,” tutur Rialita Fithra Asmara sebagai ketua panitia lomba.

https://jatim.kemenag.go.id/berita/517987/galakkan-gerakan-literasi-hijau-perpustakaan-man-3-jombang-lakukan-pelatihan-melukis-totebag-dan-pouch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *